RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SD Negeri Minggiran
Kelas/Semester :
V / 1
Tema
: Benda –benda di
Lingkungan sekitar
Sub Tema : Perubahan wujud Benda
Pembelajaran : 3
Alokasi
Waktu :
7 jp x 35 menit
A.
Kompetensi Inti (KI) :
KI.1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
KI.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air.
|
KI.3
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain
|
KI.4
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
B.
KOMPETENSI DASAR &
INDIKATOR
No.
|
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
||
1
|
|
SBDP
|
|
|
|
|
3
|
3.1
|
Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar
dalam berbagai permainan dan atau olah raga tradisional bola besar.
|
3.1.1
|
Menyebutkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan
dan atau olahraga tradisional
|
|
4
|
4.1
|
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola besar.
|
4.1.1
|
Melakukan berbagai gerakan dalam dalam permainan bola besar (Voli Mini :
servis, passing, dan smash)
|
2
|
|
IPA
|
|
|
|
|
3
|
3.1
|
Mendeskripsikan
rangka manusia dan fungsinya
|
3.1.1
3.1.2
|
Menyebutkan bagian-bagian
rangka manusia
Menjelaskan cara merawat rangka
manusia
|
|
4
|
4.1
|
Membuat
bagan rangka manusia beserta fungsinya
|
4.1.1
|
Membuat bagan rangka manusia dengan menggunakan bahan yang mudah
didapatkan
|
3
|
|
Bahasa
Indonesia
|
|
|
|
|
3
|
3.2
|
Menguraikan
isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
3.2.1
|
Mengidentifikasi pentingnya manfaat air bagi makhluk hidup
(manusia,hewan,tumbuhan)
|
|
4
|
4.2
|
Menyampaikan
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
4.2.1
|
Menyajikan teks tentang pentingnya air dalam
kehidupan makhluk hidup (manusia,hewan,tumbuhan)
|
C. Tujuan Pembelajaran
|
||
1
Dengan mengamati beberapa gambar siswa dapat
mengindentifikasi kebutuhan masyarakat secara cermat dan teliti.
|
||
2 Dengan menggali informasi siswa dapat
menjabarkan asper, contoh, dan cara memenuhi kebutuhan manusia secara logis
dan tepat.
|
||
3
Dengan berdiskusi siswa dapat mengumpulkan data
tentang, nama barang, wujud barang dan daerah tujuan dengan demokratis dan
komunikatif.
|
||
4
Dengan menggali informasi dari bacaan siswa dapat
menemukan informasi dan data mengenai aktivitas manusia yang mempengaruhi
alam secara logis, tepat, dan sistematis.
|
||
5 Dengan melakukan soal – soal
latihan, siswa mampu melakukan pembagian dalam pecahan secara mandiri,
cermat, dan teliti
|
||
|
||
D. Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1.
IPA : Perubahan wujud Benda
2.
Bahasa
Indonesia : Kosa Kata Baku dan Tidak Baku
3.
SBDP :
Properti Tari
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Metode : diskusi dan tanya jawab
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media : gambar rumah dan orang memancing
Alat/Bahan : Kertas dan kayu
Sumber Belajar :Buku Siswa Kelas V
Tema 1 “ Benda-benda disekitar“. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta
: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2. Guru
memberikan motivasi belajar siswa dengan memberikan penjelasan “kerusakan terumbu karang Akibat
Ekploitasi Ikan dengan cara merusak.
3. Guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan
dipelajari.
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa melakukan kegiatan mengamati
gambar rumah dan orang memancing
2. Siswa melakukan pengamatan serta
mengutarakan.
3. Siswa mengamatihasil kerja teman -teman.
4. Siswa berdiskusi dalam kelompok, untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa berkaitan dengan teknik-teknik dalam
penamatan
5. Guru berkeliling selama proses diskusi dan memandu
kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan dan mengkonfirmasikan setiap
jawaban kelompok.
6. Siswa mengamati
gambar bagian-bagian rumah yang telah diamati.
7. Siswa menyebutkan bagian-bagian bangunan
rumah.
8. Siswa mengamati penjelasan guru tentang fungsi rumah.
9. Siswa berdiskusi tentang cara merawat rumah
supaya tetep indah.
10. Siswa menuliskan jawaban sesuai pertanyaan pada buku
siswa berdasarkan hasil diskusi.
11. Siswa membaca teks tentang “Kerusakan
Terumbu
Karang “
12. Siswa mengamati beberapa gambar pekerjan seorang
dimasyarakat.
13. Siswa mengamati berbagai contoh yang digunakan dalam kegiatan dalam
diskusi dalam bacaan.
14. Siswa menyebutkan dan menuliskan pada
portofolio dari hasil kelompok masing msing
|
190
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa membuat kesimpulan tentang cara merawat rumah
supaya selalu indah
2. Siswa membuat kesimpulan tentang manfaat rumah
yang indah
3.
Siswa membuat sebuah kesimpulan mengenai manfaat rumah.
4.
Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran hari ini
5.
Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
|
15 menit
|
H. PENILAIAN
1.
Teknik penilaian
:
a. Penilaian
sikap : Pengamatan
b. Penialaian pengetahuan :
Tes tertulis
c. Penilaian
keterampilan : Penilaian unjuk kerja
2.
Instrumen :
a. Penilaian
sikap :
Rubrik
Penilaian sikap
No
|
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
1.
|
Tanggung jawab
|
4
|
Sangat bertanggungjawab dalam
melaksanakan tugas
|
3
|
Bertanggungjawab dalam melaksanakan
tugas
|
||
2
|
Kurang bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas
|
||
1
|
Tidak
bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas.
|
||
2.
|
Percaya diri
|
4
|
Sangat percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru.
|
3
|
Percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru
|
||
2
|
Kurang percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru
|
||
1
|
Tidak bertanggungjawab dalam
melaksanakan tugas.
|
Lembar
Pengamatan :
No.
|
Nama Siswa
|
sikap
|
Rt
|
deskripsi
|
|||||||||
Tanggung jawab
|
Percaya diri
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
Rt
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Rt
|
||||
1.
|
Daffa Danendra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Deffa Danendra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan :
No
|
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
1.
|
Isi dan Pengetahuan
|
4
|
Keseluruhan jawaban siswa sesuai dengan gambar yang
diamati dan benar dalam mengelompokkan jawaban
|
3
|
Keseluruhan jawaban siswa sesuai dengan gambar yang
diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban
|
||
2
|
Sebagian besar jawaban siswa sesuai dengan gambar yang
diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban
|
||
1
|
Hanya sebagian kecil jawaban siswa sesuai dengan gambar yang
diamati dan hanya sebagian kecil benar dalam mengelompokkan jawaban
|
||
2.
|
Penggunaan
Bahasa
|
4
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar dipergunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan
penulisan.
|
3
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar dipergunakan dengan efisien penulisan
|
||
2
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar dipergunakan dengan efisien dalam sebagian besar
penulisan
|
||
1
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar dipergunakan dengan efisien dalam sebagai kecil penulisan
|
||
3.
|
Keterampilan
Penulisan
|
4
|
Keseluruhan
penulisan dari pengamatan benar, sistematis, dan jelas, dengan hasil sangat
baik.
|
3
|
Keseluruhan
penulisan dari pengamatan memiliki hasil baik untuk dua unsur dari ketiga
kriteria (benar, Sistematis, dan jelas).
|
||
2
|
Sebagian
besar penulisan dari pengamatan memiliki hasil cukup karena harus memenuhi 1
kriteria yang ditetapkan
|
||
1
|
Hanya sebagian
penulisan dari pengamatan perlu peningkatan karena belum memenuhi kriteria
yang ditetapkan.
|
Lembar
Pengamatan :
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Skor
|
|||||||||||
Isi dan Pengetahuan
|
Penggunaan
Bahasa
|
Keterampilan
Penulisan
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
Afif Putra Hanan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Fatah Husein
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Choiril Adnan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Yogyakarta, 2014
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
Siyam Mardini,
M.Pd Daryanti,
S.Pd.SD
NIP. 19701114
199203 2 004 NIP.
19661205 200701 2 014
No comments:
Post a Comment